PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PRATAMA ABADI INDUSTRI SUKABUMI (Studi Kasus Departemen Stockfit P2)

Manajemen Sumber Daya Manusia

Authors

Keywords:

gaya kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT. Pratama Abadi Industri Sukabumi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Pratama Abadi Industri Sukabumi di area departemen stockfit P2. Dalam penelitian ini terdapat 3 (tiga) variabel yaitu gaya kepemimpinan, motivasi kerja dan kinerja karyawan. Metode penelitian yang digunakan adalah gabungan dari metode deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan departemen stockfit P2 yang berjumlah 458 orang, penarikan sampel menggunakan Probability Sampling dengan menggunakan formulasi slovin yaitu 82 sampel. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji reliabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, uji t, uji F dananalisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian semua data dinyatakan reliabel karena nilai alpha cronbach’s > 0.6 dan juga valid karena r hitung > R tabel. Semua data terdistribusi normal dan tidak terjadi gejala multikoleniaritas dan gejala heteroskedastistas. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya kepemimpinan mempengaruhi kinerja karyawan dengan nilai T hitung 3.933 > T table 1.990. Motivasi kerja mempengaruhi kinerja karyawan dengan nilai T hitung 2.379 > T table 1.990. Gaya kepemimpinan dan motivasi kerja secara simultan menyatakan pengaruhnya terhadap kinerja karyawan hal ini didasarkan pada nilai signifikansi 0.000 dan nilai F hitung 13.817 > F tabel 3.11, dan nilai koefisien determinasi besarnya pengaruh variabel gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan sebesar 25.9% dan sisanya 74.1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini contohnya seperti keselamatan kerja dan kedisiplinan.

Downloads

Published

2020-04-01

How to Cite

Dede Rosi, & H. Dadang Suparman, S.Pdi., SE., MM. (2020). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PRATAMA ABADI INDUSTRI SUKABUMI (Studi Kasus Departemen Stockfit P2): Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 1(1), 102–119. Retrieved from https://journal.stiepasim.ac.id/index.php/JMM/article/view/152