PENGARUH KOMUNIKASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA “PT.CITRA VAN TITIPAN KILAT (TIKI) SUKABUMI

Manajemen Pemasaran

Authors

Keywords:

Komunikasi, pelayanan, kepuasan konsumen, tiki sukabumi, kualitas pelayanan

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT.Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Sukabumi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Komunikasi dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT.Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Sukabumi. Metode penelitiann yang di gunakan adalah metode Deskriptif Asosiatif.. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen yang sering mengirim dan mengambil barang pada PT.Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Sukabumi sebanyak 5,201. Teknik penarikan sampel menggunakan Nonprobability Samplingdengan menggunakan puposive sampling. Sampel yang di ambil dalam penelitian ini yaitu sebanyak 98,11 dibulatkan menjadi 100 responden. Sedangkan untuk menguji instrumen penelitian memggunakan uji validitas, reliabilitas, dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t dan uji f, kemudian analisis hubungan digunakan korelasi spearman rank, koefisien determinasi dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa uji korelasi menunjukan komunikasi dengan kepuasan konsumen sebesar 0,638 artinya memilki pengaruh yang kuat, dan nilai pelayanan tehadap kepuasan konsumen sebesar 0,662 artinya memiliki pengaruh yang juga kuat. Berdasarkan analisis uji determinasi kontribusi pengaruh komunikasi dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,562 atau 56,2% sedangkan sisanya 0,438 atau 43,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Selanjutnya analisis regresi lineart berganda diperoleh Y = -0,455 + 0,306 X1 + 0, 365 X2 + e artinya apabila komunikasi mengalami kenaikan sebesar satu satuanmaka kepuasan konsumen akan mengalami kenaikan sebesar 0,306, dan apabila pelayanan mengalami kenaikan sebesar satu satuan maka kepuasan konsumen akan mengalami kenaikan sebesar 0,365. Setiap 1 poin peningkatan komunikasi dan pelayanan maka akan mempengaruhi peningkatan konsumen pada PT.Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Sukabumi sebesar 0,306 atau 30,6% dan 0,365 atau 36,5%

Downloads

Published

2021-04-05

How to Cite

Grace Amelinda Ramadahnie, & H. Dadang Suparman, S.Pdi., SE., MM. (2021). PENGARUH KOMUNIKASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA “PT.CITRA VAN TITIPAN KILAT (TIKI) SUKABUMI: Manajemen Pemasaran. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 2(1), 159–178. Retrieved from https://journal.stiepasim.ac.id/index.php/JMM/article/view/225