PENGARUH LIKUIDITAS DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP RENTABILITAS MODAL SENDIRI PADA PT. ASTRA AGRO LESTARI Tbk. (Studi Kasus di Bursa Efek Indonesia)

Akuntansi Publik

Authors

Keywords:

Likuiditas, Struktur Modal, Rentabilitas Modal Sendiri, Jurnal Mahasiswa Akuntansi

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. Astra Agro Lestari Tbk. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh likuiditas dan struktur modal terhadap rentabilitas modal sendiri yang terdapat di PT. Astra Agro Lestari Tbk. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan PT. Astra Agro Lestari Tbk. dari tahun 2012 sampai dengan 2019. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, asosisatif dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa likuiditas secara parsial berpengaruh terhadap rentabilitas modal sendiri diperlihatkan oleh nilai t-hitung = 2,370 > t-tabel = 2,042 berdasarkan ketentuan hasil penelitian ini menolak hipotesis Ho dan menerima hipotesis alternatif Ha. Dan struktur modal secara parsial berpengaruh terhadap rentabilitas modal sendiri juga diperlihatkan oleh nilai t-hitung = 2,632 > t-tabel = 2,042 berdasarkan ketentuan hasil penelitian ini menolak hipotesis Ho dan menerima hipotesis alternatif Ha. Lalu hubungan likuiditas dan struktur modal secara bersama-sama atau simultan berpengaruh terhadap rentabilitas modal sendiri, hal ini dapat dilihat dari nilai F- hitung = 16,570 > f-tabel = 3,32 berdasarkan ketentuan hasil penelitian ini menolak hipotesis Ho dan menerima hipotesis alternatif Ha.

Downloads

Published

2021-12-07

How to Cite

Anggi Ambarwati, & Asep Suryana, SE., M.Ak. (2021). PENGARUH LIKUIDITAS DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP RENTABILITAS MODAL SENDIRI PADA PT. ASTRA AGRO LESTARI Tbk. (Studi Kasus di Bursa Efek Indonesia): Akuntansi Publik. Jurnal Mahasiswa Akuntansi, 2(3), 55–79. Retrieved from https://journal.stiepasim.ac.id/index.php/JMA/article/view/229