PENGARUH ARUS KAS OPERASI, ARUS KAS INVESTASI, DAN ARUS KAS PENDANAAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PT INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA TBK (STUDI KASUS BURSA EFEK JAKARTA)

Akuntansi Publik

Authors

Keywords:

Arus Kas Operasi, Arus Kas Investasi, Arus kas pendanaan, harga saham

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh arus kas dari aktivitas operasi, aktivitas investasi, dan arus kas pendanaan pada harga saham PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan asosiatif dengan pemilihan sampel berdasarkan metode ex post facto. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan mempertimbangkan uji asusmsi klasik.
Berdasarkan hasil uji parsial mengenai pengaruh arus kas dari aktivitas operasi terhadap harga saham menunjukan hasil tidak signifikan, dengan demikian hipotesis pertama ditolak. Berdasarkan hasil uji parsial antara arus kas investasi terhadap harga saham menunjukan pengaruh positif dan signifikan, dengan demikian hipotesis kedua diterima. Berdasarkan hasil uji parsial antara arus kas aktivitas pendanaan terhadap harga saham ditemukan bahwa arus kas pendanaan terhadap harga saham menunjukan pengaruh negatif dan signifikan, dengan demikian hipotesis ketiga diterima. Dan hasil uji simultan menunjukan bahwa ada pengaruh secara simultan antara arus kas aktivitas operasi, aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan terhadap harga saham. Dengan demikian hipotesis keempat diterima.

Downloads

Published

2021-04-01

How to Cite

Eka Purnama Sari, & Asep Suryana, SE., M.Ak. (2021). PENGARUH ARUS KAS OPERASI, ARUS KAS INVESTASI, DAN ARUS KAS PENDANAAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PT INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA TBK (STUDI KASUS BURSA EFEK JAKARTA): Akuntansi Publik. Jurnal Mahasiswa Akuntansi, 2(1), 145–168. Retrieved from https://journal.stiepasim.ac.id/index.php/JMA/article/view/143