PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DI RUTINITAS COFFEE
Manajemen Pemasaran
Keywords:
Digital marketing, Kualitas Pelayanan, Peningkatan penjualanAbstract
Penelitian ini dilakukan di Rutinitas Coffee. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap Peningkatan Penjualan di Rutinitas Coffee. Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode kuantitatif, deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 75 orang yang diperoleh menggunakan non probability sampling. Untuk menguji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji realibilitas dan uji asumsi klasik, kemudian untuk analisis pengaruh menggunakan analisis korelasi Rank Spearman, analisis koefisien determinasi, uji hipotesis menggunakan uji t dan F dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis korelasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai korelasi Digital Marketing terhadap Peningkatan Penjualan sebesar 0,610 yang berarti nilai korelasi berada pada interval pada 0.60 – 0.799, yang artinya memiliki hubungan yang kuat, dan nilai korelasi Kualitas Pelayanan terhadap Peningkatan Penjualan sebesar 0,767 yang berarti nilai korelasi berada pada interval pada 0.60 – 0.799. Berdasarkan analisis determinasi yang telah dilakukan menunjukkan besarnya kontribusi pengaruh Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan terhadap Peningkatan Penjualan yang ditunjukkan dengan nilai sebesar 64,3 % sedangkan sisanya sebesar 35,7 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.